Belajar sekaligus Studi Tiru terkait Penggunaan dan Pengelola Aplikasi e-Beschikking Kotim

Kegiatan belajar sekaligus studi tiru penggunaan dan pengelola aplikasi e-Beschikking Kabupaten Kotawaringin Timur yang bertempat di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, tanggal 29 April 2021. Dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Katingan yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Edriyanto dan Kepala Bagian Hukum H. Rustianto, S.H., M.A.P beserta jajarannya. Kegiatan studi tiru tersebut diterima dan disambut oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kotim H. Sutimin dan Kepala Bagian Hukum Setda Kotim Nino Andria Yudianto, S.H. beserta jajarannya.

 

Dalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Hukum Setda Kotim Nino Andria Yudianto, S.H. menyampaikan selain Kabupaten Katingan terlebih dahulu ada kabupaten/kota yang telah melakukan kunjungan kerja studi tiru terkait aplikasi e-Beschikking yaitu Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Kapuas dan Kota Palangkaraya.

Kepala Bagian Hukum Setda Kotim Nino Andria Yudianto, S.H. juga menyetujui duplikasi aplikasi e-Beschikking apabila Pemerintah Kabupaten Katingan mau menggunakan aplikasi tersebut dan nanti akan dijabarkan dalam kesepakatan Perjanjian kerja sama antar kedua kabupaten.

 Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini :

  1. Ingin mempelajari dan atau menduplikasi aplikasi e-Beschikking yang telah diterapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur;
  2. Agar dalam penyusunan dan penerbitan Keputusan Bupati dapat dilakukan dengan jaringan (daring) supaya lebih mudah dan cepat.

 Manfaat aplikasi e-Beschikking adalah :

  1. Akuntabel
  2. Efisien dan efektif waktu dan biaya;
  3. Dalam sisi pelayanan menjadi singkat dan praktis;
  4. Mendukung kegiatan pemerintah dalam menerapkan konsep E-Government;
  5. Menuju era Revolusi Industri (R.I) 4.0.